MERIAH! PEMBUKAAN SEKALIGUS PEMILIHAN DUTA DESA GUNUNG MAKMUR 2022 OLEH MAHASISWA KKN 48 PENAJAM 11

  • Aug 08, 2022
  • KKN PENAJAM 11
  • KKN 48 PENAJAM 11

Sabtu (6/8/22), pukul 19.00 WITA telah berlangsung secara meriah acara yang diramaikan oleh warga desa Gunung Makmur dalam menyambut agenda pembukaan HUT RI ke-77 dan pemilihan duta Desa Gunung Makmur Tahun 2022 yang diadakan di Balai Desa Gedung Serba Guna. Perhelatan tersebut diadakan sebagai program kerja unggulan terakhir yang akan dilaksanakan di desa Gunung Makmur dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mencari Duta Desa yang akan menghidupkan informasi digital Desa Gunung Makmur. Dipanitiakan oleh Kelompok Mahasiswa KKN acara tersebut dipandu oleh dua orang MC yang berasal dari Kelompok KKN Penajam 11 yaitu Siti Rahmah (22) dan Irfan Evendi (21). Keduanya kompak mengenakan batik tradisional dalam kesempatan tersebut.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Sujiati selaku anggota DPR dan Omannurmansyah selaku Sekretaris Desa yang menggantikan sementara tugas Kepala Desa yang sedang dalam perjalanan Dinas. Dalam sambutannya tersebut beliau (Sujiati) juga menginformasikan akan memberikan sejumlah donasi kepada pemenang kontes pemilihan Duta Desa Gunung Makmur dan bagi beberapa lomba lainnya yang akan diadakan selama menyambut 17-an. 

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan persembahan tarian leng-leng yang ditarikan oleh siswi-siswi cantik dari SDN 005 Babulu. Tarian yang apik tersebut kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah yang dilantunkan dengan merdu oleh remaja desa Annarohmah sehingga mampu menentramkan hati warga yang mendengarnya.

Hingga masuk pada acara inti dimana para MC memperkenalkan keenam kandidat calon duta Desa Gunung Makmur Tahun 2022. Keenam kandidat ini yaitu :

1. Irwana (22) sebagai perwakilan Dusun 1

2. Nasifa (18) sebagai perwakilan Dusun 3

3. Rio Sevianto (17) sebagai perwakilan Dusun 2

4. Nur Hasiyah (17) sebagai perwakilan Dusun 4

5. Muhammad Fadliansyah (20) sebagai perwakilan Dusun 2

6. Ari Firmansyah (18) sebagai perwakilan Dusun 2

Keenam kandidat tersebut kemudian menjawab 3 buah pertanyaan wajib dan masing-masing memilih 2 pertanyaan pilihan yang selanjutnya dilanjutkan dengan penampilan bakat oleh masing-masing kandidat. Peserta diberikan waktu 10 menit untuk 3 buah pertanyaan wajib dan masing-masing 5 menit untuk tiap pertanyaan pilihan. Adapun juri terhormat yang akan menilai jawaban para kandidat yaitu :

1. Sujiati selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat

2. Omannurmansyah selaku Sekretaris Desa yang mewakili Kepala Desa

3. Isnayanti selaku Ketua PKK

4. Surya Darma Yanti selaku anggota Badan Permusyawaratan Desa yang mewakili Ketua BPD

Dari sejumlah pertanyaan yang telah diajukan, beberapa kandidat mampu menjawab dengan baik pertanyaan yang diajukan oleh MC dan beberapa lainnya memilih pass untuk menjawab pertanyaan terkait wawasan Desa Gunung Makmur. Menerima setiap jawaban yang diberikan oleh masing-masing kandidat, Juri memberikan reaksi berupa komentar positif yang membangun. 

Masuk pada sesi akumulasi point untuk menentukan Duta Desa Gunung Makmur Tahun 2022 yang akan dilakukan oleh para juri, acara diselingi dengan penampilan meriah sebagai persembahan dari Kelompok KKN Penajam 11 yaitu tari kontemporer Wonderland Indonesia yang disambut dengan decak kagum penonton.

Setelah penampilan tersebut, MC menerima akumulasi nilai dan mengumumkan kandidat terpilih yang akan menjadi Duta Desa Gunung Makmur Tahun 2022 yaitu Rio Sevianto. Rio (begitu sapaan akrabnya) kemudian memberikan seremoni atas terpilihnya ia sebagai Duta Desa Gunung Makmur Tahun 2022 dan menyampaikan beberapa kata ucapan terimakasih dan harapannya untuk menghidupkan Sosial Media Gunung Makmur.

Acara berlanjut dengan pengalungan selempang dan pemberian sejumlah tambahan dana sebagai hadiah kepada Rio oleh Ibu Sujiati yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah utama dan sejumlah uang tunai oleh Bapak Oman lalu pemberian goodybag kepada seluruh kandidat oleh ibu Isnayanti serta diakhiri dengan pemberian sertifikat oleh Ibu Surya Darma Yanti kepada seluruh kandidat.

Hingga acara tersebut berakhir dengan harapan Duta terpilih mampu menginspirasi pemuda-pemudi Desa Gunung Makmur yang akan berdampak pada berkembang dan semakin dikenalnya Desa Gunung Makmur dari segala aspek oleh masyarakat luas melalui konten digital yang kreatif dan aspiratif.

 

Selamat kepada Duta terpilih, semoga Desa Gunung Makmur semakin maju di depan!