AKSI DERMA PEDULI KESEHATAN DI LINI TERDEKAT WARGA DESA GUNUNG MAKMUR BERSAMA MAHASISWA KKN PENAJAM 11

  • Jul 31, 2022
  • KKN PENAJAM 11
  • KKN 48 PENAJAM 11

Sejak 29 Juni 2022 secara aktif Mahasiswa KKN 48 Penajam 11 melakukan kunjungan dan aksi bersama tiap minggunya mengunjungi 4 posyandu yang tersebar di tiap dusun membantu kader posyandu dan petugas kesehatan Pusat Bantuan (Pusban) Desa Gunung Makmur dengan cara menimbang, mengukur tinggi badan, mengukur lingkar lengan dan kepala, mendata berat badan serta hal lain yang diperlukan. Adapun kegiatan ini menyasar seluruh warga Desa Gunung Makmur di segala rentang usia, mulai dari kegiatan posyandu balita, kelas ibu hamil, senam lansia, dan penyuluhan bagi masyarakat yang memiliki anak dengan status stunting.

Bayi maupun balita yang berada  di Desa ini, 14 diantaranya mengalami stunting (kondisi gagal tumbuh pada anak balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk anak seusianya) sehingga memerlukan asupan gizi dan himbauan yang lebih intensi ketimbang bayi maupun balita sehat lainnya. Adapun hal lucu yang kerap terjadi adalah bayi tantrum yang tak ingin diam maupun terus menerus menangis sehingga membutuhkan kesabaran ekstra yang kerap mengundang gelak tawa.

Jika mengawal posyandu balita harus ekstra sabar dengan tantrumnya, maka mengawal posyandu pada kelas ibu hamil lebih sederhana. Pada kelas ini ibu dan calon ibu diajari cara merawat kandungan hingga mengikutii kelas senam bagi mereka yang usia kandungannya mendekati waktu kelahiran bayi. Kekhawatiran para ibu hamil akan dipantau oleh bidan sehingga kesehatan ibu hamil dan risiko selama kehamilan diharap dapat diminimalisasi.

Kemudian beralih pada senam lanjut usia (lansia). Usia senja bukan penghalang bagi masyarakat Desa Gunung Makmur untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar, salah satunya dapat dilihat melalui keaktifan masyarakat lanjut usia (lansia) dalam mengikuti kegiatan senam lansia yang rutin diadakan tiap minggunya. Kegiatan senam ini dapat membantu meningkatkan sistem kerja jantung, sehingga masyarakat lansia bisa memiliki peredaran darah yang lebih baik sehingga dapat mengurangi risiko hipertensi yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kegiatan ini ditujukan untuk menjaga kesehatan masyarakat lansia Desa Gunung Makmur agar terpantau secara berkala.

 

Penulis : KKN Penajam 11